SMK Bintara Kabupaten Batang memberikan penghargaan kepada 11 taruna-taruni berprestasi saat acara kemah Penerima Tamu Ambalan (PTA) di Balai Desa Siberuk, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Kamis (18/9/2024).

Kegiatan ini diterapkan sebagai salah satu wujud visi misi sekolah untuk mencetak siswa berprestasi setiap tahun.

Wakil Ketua Kurikulum SMK Bintara Batang Kartika mengatakan, penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi sebagai hadiah atas keberhasilan mereka dalam mengembangkan bakat di masing-masing bidang olahraga. Selain itu, reward atau penghargaan yang diberikan ini dapat menambah rasa percaya diri dan bahkan dapat menjadi kebanggaan bagi mereka.

“Penerima penghargaan diperoleh oleh 11 anak yang tahun kemarin mendapatkan prestasi bergengsi, diantaranya Dini Febriani, mendapatkan juara pertama perorangan -53 kg putri kejuaraan Kemenpora IYOS Tahun 2024, Azkafa Gibran mendapatkan juara kedua perorangan +76 kg putra kejuaraan Kemenpora IYOS tahun 2024, Muhammad Arjun mendapatkan juara pertama kelas junior -67 kg putra cabor Muaythai tahun 2024 Kontingen Kabupaten Batang, dan lainnya,” jelasnya.

Penghargaan yang diberikan kepada siswa-siswi berprestasi berupa piala pribadi sebagai bukti prestasinya dan uang pembinaan. Untuk mencapai prestasi tersebut, sekarang ini kami, guru-guru SMK Bintara Kabupaten Batang membuat kedekatan baik dengan mereka dan mendukung penuh dalam berlatih.

“Kemudian, mendidik mental dan kedisiplinan agar tekun belajar sambil berlatih serta memotivasi untuk menambah semangat siswa dalam belajar,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Srikandi PP Batang Lutfiyati Musflichah mengatakan, bahwa adanya reward atau penghargaan dari sekolah untuk siswanya sangat baik sekali. Jadi dapat menumbuhkan perhatian bagi siswa karena perjuangannya dihargai.

“Hal ini tidak semua sekolah bisa melakukannya, hanya sekolah yang punya kebanggan kepada siswanya. Penghargaan ini juga bisa menjadi motivasi adik kelas melakukan hal yang sama untuk berprestasi. Apalagi tadi penyerahannya disaksikan langsung oleh siswa-siswi baru,” tegasnya.

Ia berharap, siswa-siswi yang mandapatkan penghargaan ini bisa terus meningkatkan bakat dan kemampuannya supaya membawa hal positif meskipun nanti sudah tidak di sekolah ini lagi.